Lompat ke isi utama

Berita

PKD SE KOTA PADANG PANJANG DILANTIK

PadangPanjang, Bawaslu Kota Padang Panjang- Dari 44 peserta seleksi, sebanyak delapan orang dinyatakan lulus dan dilantik sebagai anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB). Mereka akan bertugas mengawas dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dilantik Ketua Panwascam PPB, Costeward Novira, Minggu (5/2) di Aula Hotel Rangkayo Basa, acara ini dihadiri para lurah dan undangan lainnya.Costeward menyampaikan, dari 44 orang yang ikut seleksi, satu di antaranya tidak lolos administrasi. Tiga di antaranya tidak ikut tes wawancara dan dari 40 orang terpilihlah delapan orang.

"Delapan PKD ini memiliki tugas mengawasi semua tahapan pemilu di tingkat kelurahan sampai penghitung suara nantinya. Mengawasi netralitas ASN, melaporkan setiap tahapan ke Panwascam. Mereka berkewajiban netral dan tidak memihak kepada peserta pemilu," paparnya. Ia berharap, mudah-mudahan Panwaslu Kelurahan ini bekerja maksimal dan bisa berkomunikasi. Serta tingkatkan pengawasan partisipatif bekerja sama dengan lembaga yang ada di kelurahan.

Semua PKD yang dilantik ini diberikan bimbingan teknis, lantaran Senin (6/1) mereka akan melakukan tugas pertama mereka mengawasi proses verifikasi faktual pendukung calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sekretaris Bawaslu, Zulhairi menyampaikan, delapan orang yang dilantik hari ini merupakan orang-orang pilihan."Kita berharap PKD yang terpilih ini cepat beradaptasi, mau belajar dan proaktif dalam berkoordinasi dan berkonsultasi," katanya.

Sementara ini sebanyak delapan orang anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 juga dilantik ketua Panwascam PPT, Minggu (5/2)

Kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Pangeran ini, dihadiri Camat PPT, Drs. Asrul, kapolsek dan undangan lainnya.

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Padang Panjang, Joni Aulia menyampaikan, yang dilantik hari ini merupakan orang-orang pilihan. Dikatakan demikian walaupun tidak melalui seleksi tertulis, tetapi soal wawancara dibuat Bawaslu Padang Panjang dengan standard yang telah ditentukan.

"Kami berharap Panwas Kelurahan yang terpilih cepat beradaptasi, mau belajar dan proaktif dalam berkoordinasi dan berkonsultasi," katanya.

Usai dilantik, besok (Senin, 6/2) sudah mulai tugas pertama mengawasi proses verifikasi faktual pendukung calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sementara itu Ketua Panwascam PPT, Jasmida,  didampingi Sekretaris, Deny Yuliadi, menyampaikan, delapan PKD ini terpilih setelah melalui beberapa tahapan seleksi. Mulai dari hasil pemeriksaan administrasi dan wawancara. Kemudian Pokja Pembentukan PKD melakukan rapat pleno penetapan calon PKD, maka diumumkan nama-nama calon anggota Panwaslu Kelurahan yang dinyatakan lulus.

"Sebelumnya 50 peserta yang ikut seleksi. Satu di antaranya tidak lulus administrasi, lima tidak ikut tes wawancara. Sebanyak 45 orang ikut tes, namun delapan orang yang lulus dari semua tahapan," jelasnya.

Deny Yuliadi mengatakan, delapan PKD terpilih ini memiliki tugas dan kewajiban mengawasi setiap tahapan pemilu hingga hasil suara didapatkan, mengawasi netralitas ASN, melaporkan setiap tahapan ke Panwascam. Kewajiban PKD, netral tidak memihak kepada peserta pemilu.

"Kita berharap mereka melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku kemudian mereka bisa tingkatkan pengawasan, pencegahan supaya tidak terjadi pelanggaran terhadap undang-undang yang berlaku," harapnya.

#Harris.1305

Tag
PUBLIKASI