Lompat ke isi utama

Berita

KPU Kota Padang Panjang di Demo (Simulasi Sispamkota)

PadangPanjang, Bawaslu Kota Padang Panjang - KPU kota Padang Panjang didatangi demonstran yang tidak terima dengan hasil yang diputuskan jajaran adhoc KPU Kota Padang Panjang. Para demonstran datang dengan membawa bermacam poster kecaman terhadap hasil yang diputuskan jajaran KPU tsb, Jum'at (20/10/2023).

Terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh para demonstan, pihak polres Padang Panjang menurunkan tim pengamanan untuk mengamankan objek vital yang menjadi tanggungjawab pihak kepolisian dalam pengamanan Pemilu serentak 2024.

Dengan kekuatan penuh, polres Padang Panjang berhasil menghalau para demonstan dan mengamankan gedung KPU yang merupakan objek vital.

Demikian sedikit gambarkan Simulasi Sispamkota yang dilakukan Polres Padang Panjang, Jumat pagi (20/10/2023)

Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 dipusatkan di sepanjang Jalan Syekh M Djamil, Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur atau tepatnya di depan Kantor KPU kota Padang Panjang.

“Tujuan utama simulasi ini untuk mengasah kewaspadaan dan respon personel, apabila di tempat pemungutan suara (TPS) terjadi protes atas hasil perhitungan suara, dan sejumlah massa mendatangi kantor penyelenggara Pemilu di Padang Panjang,” kata Kapolres, Donny Bramanto.

Dikatakannya, simulasi ini meliputi berbagai tahapan yang dimulai dari kondisi tenang hingga situasi yang memuncak pada tindakan anarkis dan penjarahan. Kurang lebih 300 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Brimob diturunkan dalam peragaan sispamkota ini.

“Kita apresiasi kepada semua personel yang terlibat, karena telah melakukan simulasi pengamanan dengan sebaik mungkin. Semoga dengan simulasi ini kita dapat menanggapi situasi yang mungkin akan terjadi. Sehingga setiap personel punya peran masing-masing dalam melaksanakan tugas nantinya,” harap Donny.

Donny juga mengungkapkan, pihaknya akan selalu melakukan segala upaya untuk mereduksi dan menurunkan segala potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Simulasi ini disaksikan juga oleh Pj Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, ketua Bawaslu kota Padang Panjang Hidayatul Fajri, ketua KPU Padang Panjang, forkopimda dan undangan lainnya.

#Harris.1305

Tag
PUBLIKASI