Lompat ke isi utama

Berita

Fajri : "Tangkal Politik Uang, Libatkan Niniak Mamak"

PadangPanjang, Bawaslu Kota Padang Panjang - "salah satu cara menangkal politik uang adalah dengan adalah dengan pendekatan kearifan lokal, misalnya dengan melibatkan niniak mamak, bundo kanduang dan tokoh agama untuk ikut memberikan pemahaman kepada anak kemenakan dan jamaahnya. Demikian disampaikan ketua Bawaslu Padang Panjang Hidayatul Fajri ketika menjadi narsumber dalam FGD Temu Tokoh Pemilih Cerdas Berintegritas Menyongsong pemilu 2024, yang dugagas Forum Komunikasi Palanta Kota Padang Panjang, Kamis (19/10/2024).

Dibagian lain Hidayatul Fajri juga memaparkan aktifitas pengawasan dan cara pendekatan pencegahan yang telah dilakukan Bawaslu selama pengawasan tahapan Pemilu 2024.

Sementara itu penjabat Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra ketika membuka FGD ini mengatakan aura intensitas politik semakin meningkat, termasuk berdampak ke kota Padang panjang, karena Padang Panjang tidak terpisahkan dari NKRI.

Sonny juga mengatakan "Padang Panjang yang dikenal sebagai smart city,giat demokrasinya tinggi,, masyarakat nya sudah cerdas, demokrasi hidup, kerusakan,, kerawanan bisa diminimalisir. Tapi disisi lain ada catatan buruk terkait money politik. Untuk itu perlu peran semua komponen kota untuk menyatakan perang dan tolak politik uang.

Terkait tingkat partisipasi pemilih kota Padang Panjang, menurut Sonny masih di bawah rata rata nasional.Berbeda dengan tingkat prestasi Padang panjang diberbagai bidang yang selalu di atas rata rata nasional. Dan ini juga menjadi PR kita bersama bagaimana cara menngkatkan partisipasi untuk ikut memilih di pemilu 2024.

Di samping ketua Bawaslu Hidayatul Fajri, narasunber lain dikegiatan FGD ini adalah ketua KPU Padang Panjang Okta Novistah.

FGD yang berlangsung siang sampai sore di Sultan Meeting Hall samping GOR Khatib Sulaiman Padang Panjang ini dihadiri sekitar 50 orang dari 100 orang yang diundang. Undangan tersebut terdiri dari Forkopimda, Partai politik, OPD Terkait, mahasiswa dan caleg dari berbagai partai politik serta undangan lainnya

Tag
PENCEGAHAN
PUBLIKASI