Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singgalang 2023 -2024

PadangPanjang, Bawaslu Kota Padang Panjang - Ketua Bawaslu Kota Padang Panjang Hidayatul Fajri hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi "Mantap Brata Singgalang 2023-2024" di Lapangan Mapolres Padang Panjang, Selasa (17/10). Apel digelar dalam rangka Pengamanan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di Wilayah hukum Polres Padang Panjang.

Kapolres, AKBP. Donny Bramanto, S.I.K bertindak sebagai pemimpin apel menyampaikan pidato Kapolri di hadapan peserta apel yang terdiri dari TNI/Polri, Brimob, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol, Linmas dan unsur lainnya.

“Guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, K/L, instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024. Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024 yang diikuti 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu,” ujarnya.

"Sebelumnya, sudah dilakukan latihan pra operasi yang merupakan wadah untuk memahami tata cara dan prosedur operasi yang harus di ikuti personil dalam melaksanakan tugasnya selama pemilu 2024", tambah Kapolres saat memberikan sambutan.

Kapolres mengatakan pihaknya akan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 lewat Operasi Mantap Brata yang berlangsung selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 dan diikuti sebanyak 262.695 personel diseluruh Indonesia.

Menurut Kapolres, semua tahapan Pemilu 2024 akan jadi perhatian pengamanan, mulai dari pendaftaran calon, masa kampanye, masa tenang, hari pemilihan, penghitungan suara, penetapan hasil Pemilu, hingga pelantikan yang terpilih.

Jajarannya akan berkolaborasi dengan TNI, KPU, Bawaslu, Kesbangpol, Dinas Perhubungan, Satpol PP hingga Satlinmas selama operasi berlangsung.

Kapolres Donny juga menekankan setiap personil yang terlibat harus memahami tugas nya masing masing dan melaksanakan tugas secara profesional,Proporsional dan akuntabel, selama berjalannya Operasi Mantap Brata nanti sehingga dengan demikian Polres Padang Panjang akan Siap dalam mengamankan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

Ia juga mengatakan, Polri telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah/zonasi bagi personel Korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara. Di mana untuk Korps Brimob Polri terbagi dalam empat wilayah. Sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam tujuh zonasi. Bukan hanya itu, Polri juga menyiapkan 2.000 personel Brimob Power on Hand Kapolri. Serta 8.500 personel Dalmas Nusantara yang siap dimobilisasi kapan pun dan di mana pun ke seluruh wilayah Indonesia.

“Selanjutnya terkait tindak pidana pemilu, lakukan koordinasi dan kolaborasi antarpilar Sentra Gakkumdu. Agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan. Sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat,” tuturnya lagi.

"tiap tahapan akan kami turunkan personel sesuai kebutuhan, setidaknya dua per tiga dari keseluruhan," ujar Donny.

Turut Hadir, Komandan Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumbar Kompol. Jendrival,, perwakilan Dandim Tanah Datar Pimpinan DPRD Padang Panjang dan Tanah Datar, Setdako Padang Panjang Winarno, Ketua KPU Okta Novisyah, perwakilan Parpol serta undangan lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan Polres Padang Panjang ini merujuk kepada Undang Undang RI nomor tahun 2002 tentang KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA , perkap Nomor 1 tahun 2019 tentang Sistem, Management dan Standar Keberhasilan Operasional Polri dan Surat Telegram Kapolda Sumbar nomor STR/312/X/OPS.1.1/2023, tanggal 9 Oktober 2023 tentang Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Mantap Brata Singgalang 2023 - 2024 dalam rangka pengamanan Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

#Harris.1305

Tag
PUBLIKASI