Bawaslu Hadir KPU Buka Kotak

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Padang Panjang Pastikan Data Pemilih untuk Pemilu 2024 yang akan datang Singkron dengan Data Pemilih DPTb dan DPPh.  

Santina ketua Bawaslu Padang panjang yang juga merupakan koordinator divisi Pengawasan Humas Hubal mengatakan sinkronisasi data pemilih itu penting dilakukan untuk terciptanya data pemilih akurat di Pemilu 2024 mendatang. Ia menjelaskan dalam Pasal 101 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum,  ada 9 (sembilan) tugas Bawaslu Kabupaten/kota yang salah satunya adalah mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu di wilayah Kabupaten/Kota. Dan diantara tahapan tersebut adalah Tatapan pemutakhiran data pemilih, penetapan daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap. 

Dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, Berdasarkan surat Plt Ketua KPU RI nomor 218/PL.02-SD/01/KPU/III/2021 tanggal 8 maret 2021, perihal Pengamblan Data untuk keperluan Evaluasi Pemilihan serentak tahun 2020 dan untuk sinkronisasi data pemilih berkelanjutan, KPU kota Padang panjang melakukan pembukaan kotak suara pemilihan serentak 2020 yang masih tersegel di Gudang KPU Kota padang panjang Rabu ( 17 Maret 2021), yang disaksikan oleh Ketua Bawaslu Kota padang Panjang Santina, serta unsur dari Polres Padang Panjang dan dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Padang Panjang.

Bawaslu Padang Panjang menyaksikan sekaligus melakukan pengawasan terhadap pembukaan 123 buah kotak suara dari 123 TPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat tahun 2020 se kota Padang Panjang.Pada saat pembukaan kotak suara tersegel tersebut KPU Padang Panjang mengambil 3 macam formulir, yang terdiri dari Formulir Model C Daftar Hadir pemilih-KWK, Model C daftar hadir pemilih pindahan-KWK danmodel C daftar hadir pemilih tambahan KWK. Semetara untuk C Hasil KWK untuk KPU Padang panjang tidak diambil, karena C Hasil se kota Padang panjang telah diupload 100 persen ke KPU RI.

Setelah dilakukan pengambilan 3 macam formulir tesebut, dilakukan peng_scane_an formulir oleh staff sekretariat KPU Kota Padang Panjang, yang juga disaksikan dan diawasi oleh Bawaslu Kota Padang Panjang. Peng_scan_an ini berlangsung selama 2 (dua) hari, 17 – 18 Maret 2021. Setelah selesai, Jumat (19/3) semua formulir model C tersebut dimasukan kembali ke kotak suara sesuai TPS oleh KPU Padang Panjang, dan tetap dihadiri oleh Bawaslu Kota Padang Panjang.

#HB1305

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *